5 Tips Cara Baru Memperbaiki Microsd Rusak Tidak Terbaca

Faktaandroid.com - Pada artikel kami sebelumnya mengenai faktor penyebab kerusakan kartu memory microsd (tidak terbaca) sudah kami jelaskan kartu memori MicroSD merupakan sebuah zat padat (keras) berukuran kecil yang digunakan untuk menyimpan data (memori) perangkat portable misalnya handphone secara eksternal.
5 Tips Cara Baru Memperbaiki Microsd Rusak
Dewasa ini kartu microSD cukup banyak dipakai berbagai alat elektronik sebagai media penyimpan data ini tidak menutup kemungkinan banyak jenis atau merek dari berbagai perusahaan yang memproduksinya. Artinya banyak punya bentuk dan ukuran dari kartu microSD tersebut yang bisa kita pilih sesuai dengan kebutuhan serta kapasitas memori yang kita inginkan. Bila meninjau dari segi kapasitas kartu MicroSD maka bisa diurutkan dari yang terkecil sampai terbesar seperti 1GB, 2GB, 4GB, 8GB, 16GB, 32 GB, 64GB dan yang tertinggi ukuran 128 GB dan harganya juga pasti tidak sama.

Bagi Anda yang masih merasa bingung memperbaiki kartu microSD yang rusak perlu Anda ketahui bahwa kerusakan dari kartu microSD tersebut beragam jenisnya. Tapi biasanya kerusakan yang sering terjadi adalah kartu microSD tidak terbaca. Pada kesempatan ini fantaandroid.com akan memberikan tips dan cara bagaimana memperbaiki dan memulihkan kartu microSD yang tidak bisa terbaca dan kembali seperti semula.

Tips Cara Baru Memperbaiki Microsd Rusak Tidak Terbaca


Kartu memery microSD merupakan salah satu komponen penting yang terdapat di perangkat ponsel Anda. Bisa dibayangkan bila kartu microSD Anda mengalami kerusakan (tidak terbaca), di dalam kartu tersebut ada beberapa data yang cukup penting misalanya video, foto rekaman suara maupun file penting lainnya. Selain kesal mungkin Anda akan sedikit panik harus bagaimana mengatasi keadaan tersebut. Mungkin Anda sudah melakukan berbagai cara yang Anda ketahui namun cara tersebut masih saja gagal maka ijinkan kami memberikan 5 tips cara baru memperbaiki microsd rusak tidakterbaca berikut ini:

Tips Pertama Memperbaiki MicroSD Yang Tidak Terbaca


1. Matikan daya smartphone android Anda
2. Cabut microsd dari smartphone
3. Bersihkan lempengan tembaga (yang berwarna kuning keemasan) dengan karet penghapus (bersih, warna putih)
4. Bersihkan secara searah dan lakukan perlahan sampai lempengan tersebut benar2 bersih
5. Lalu masukkan microsd ke smartphone
6. Nyalakan smartphone 
7. Cek apakah telah dapat terbaca di smartphone 
Jika ternyata masih belum silahkan beralih ke ke tips kedua

Tips Kedua Memperbaiki MicroSD Yang Tidak Terbaca


1. Masukan microSD perangkat lain seperti cardreader
2. Sambungkan cardreader ke komputer
3. Buka menu Explorer
4. Pilih drive microsd
5. Klik kanan, pilih properties
5 Tips Cara Baru Memperbaiki Microsd Tidak Terbaca
6. Kemudian pilih dan klik Tools lalu klik Check Now
5 Tips Cara Baru Memperbaiki Microsd bermasalah

7. Silahkan kasih tanda ceklis pada pilihan "Automatically check sistem for error"& "Scan for and attempt recovery of bad sectors " atau "Scan and repaor drive"
8. Kemudian klik start
9. Tunggu beberapa saat hingga proses selesai
10. Setelah selesai, klik kanan, pilih eject
11. Masukan kartu memori ke ponsel.

Seandainya dengan dua tips yang sudah kami jelaskan di atas tidak berfungsi seperti yang diharapkan maka kita akan beralih ke cara lainnya namun ada sedikit perbedaan karena dengan menggunakan cara selanjutnya data yang terdapat di kartu memori microSD Anda akan terhapus. Namun jangan khawatir karena data yang sudah terhapus kemungkinan besar masih bisa kembali lagi (Artikel berikutnya yang akan kami posting mengenai Cara mengembalikan data/file micro SD yang hilang)

Tips Ketiga Memperbaiki MicroSD Yang Tidak Terbaca


1. Pastikan smartphonemu menyala dan telah dimasuki microSD yang rusak tadi
2. Masuk ke Setting
3. Pilih Storage
4. Pilih Erase SD Card
Dengan cara ini semua file yang ada di kartu microSD akan terhapus hingga benar-benar bersih seperti masih baru dibeli.

Tips Keempat Memperbaiki MicroSD Yang Tidak Terbaca


1. Masukan microSD perangkat lain seperti cardreader
2. Sambungkan cardreader ke komputer (saran kami colokkan ke bagian belakang cpu)
3. Buka menu explorer, cari drive microSD tersebut
4. Klik kanan drive microSD
5. Klik Format
6. Centang pada Quick Format
7. Lalu klik Start (Selesai)
5 Tips Cara Baru Memperbaiki Microsd bermasalah

Tips Keempat Memperbaiki MicroSD Yang Tidak Terbaca


Menggunakan Command Prompt
1. Klik Start lalu pilih Run atau tekan tombol Windows + R
2. Ketik cmd
5 Tips Cara Baru Memperbaiki Microsd Error
3. Akan muncul seperti ini
5 Tips Cara Baru Memperbaiki Microsd Rusak Tidak Terbaca
4. Ketik FORMAT e: /FS:FAT  (h=drive letak kartu memori microSD, jika kartu memori terletak di drive f, maka tulis f)
5. Tunggu beberapa saat hingga proses selesai.

Biasanya dengan 5 tips dan cara di atas kartu memory microSD sudah bisa dibaca, namun apabila kenyataan tidak seperti itu maka langkah terakhir adalah dengan mengunjungi toko maupun gerai resmi merk kartu microSD Anda dengan membawa kartu garansi pembelian. Namun perhatikan terlebih dahulu masa atau tenganggang waktu garansinya karena ada beberapa jenis atau variasi waktu garansi yang diberikan pabrik seperti 1 tahun, 2 tahun dan bebera jenis merk berani memberikan garansi lifetime (seumur hidup).

Demikian artikel mengenai 5 tips dan cara dalam memperbaiki microsd yang tidak terbaca, semoga dengan uraian singkat di atas bisa membantu Anda yang mungkin saat ini bingung untuk memperbaiki memory card microSD smartphone android Anda. Terimakasih telah berkunjung dan silahkan baca artikel menarik lainnya. Artikel yang berhubungan : Faktor Penyebab Kerusakan Kartu Memory MicroSD (Tidak Terbaca)

Godang Isina Group adalah suatu organisasi sosial berbagi soal-soal Psikotes, TPA, Toefl, CPNS gratis dan terlengkap pertama di Indonesia