Faktor Penyebab Kerusakan Kartu Memory MicroSD (Tidak Terbaca)

faktaandroid.com - Kartu memori MicroSD merupakan sebuah zat padat (keras) berukuran kecil yang digunakan untuk menyimpan data (memori) handphone secara eksternal. Bila kita tinjau kerusakan fisik/tubuh dari MicroSD kemungkinan sangatlah kecil kecuali bila terlipat, terkena temperatur panas, dan terjepit hingga pelindungnya lepas maka Kartu memori Micro SD akan rusak.

Bayangkan saja handphone atau kartu memeori MicroSD mengalami kejadian di atas, misalnya terjadi kecelakaan atau handphone terbakar kami rasa hal tersebut sangat kecil kemungkinan terjadinya. Hal inilah yang menyebabkan para produsen kartu memori MicroSD mau memberikan jaminan atau garansi seumur hidup untuk produk (Micro SD) yang mereka produksi.
Faktor Penyebab Kerusakan Kartu Memory MicroSD (Tidak Terbaca)
Pada kasus yang paling umum dialami oleh pengguna momori MicroSD adalah kerusakan pada data-data yang ada di dalan kartu tersebut misalnya data yang tidak bisa terbaca atau terbuka. Ada beberapa data yang akan mengalami kerusakan seperti data berupa foto, video, file musik dan bahkan sistem format penyimpanannya juga bisa mengalami gangguan atau kerusakan yang cukup serius. Namun jika kejadian ini menimpa handphone Anda ada beberapa hal yang perlu Anda lakukan karena jenis kerusakan seperti ini masih dapat diperbaiki meskipun tidak 100% kembali seperti sebelumnya (pada kesempatan berikutnya akan kami post artikel mengenai cara memperbaiki Kerusakan Kartu Memory MicroSD (Tidak Terbaca).

Beberapa Faktor Penyebab Kerusakan Kartu Memory Micro SD


Ada beberapa faktor penyebab kerusakan kartu Memory MicroSD, disini faktaandroid.com akan menyebutkan dan memaparkannya secara ringkas dan jelas untuk Anda:

Kartu Memory MicroSD Sering Dipindah-pindah


Sebagai penyimpanan data eksternal pada handphone (smartphone maupun yang bukan smartphone) sebaiknya kartu memori jangan sering dipindah-pindah ke tempat lain (ke handphone lain) kecuali Anda memang berniat mengganti hp baru. Untuk keperluan copy file yang penting bisa dilakukan tanpa harus memindahkan kartu memorynya, contohnya dengan menggunakan menu blouetooth atau transfer malalui sosmed (Fb,twitter,line,bbm dll) dengan bantuan jaringan internet atau kabel data bila ingin memindahkannya ke laptop atau media lainnya. Apabila kartu memory sering dipindah-pindah dan menyesuaikan diri terhadap perangkat dan sistem yang baru maka Akibatkanya Kartu Memory MicroSD akan mudah terserang penyakit seperti data yang tidak bisa terbaca atau terbuka.

Salah Cara Memindahkan Kartu Memory Micro SD


Jika harus memindahkan Kartu Memory Micro SD maka ada beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum memindahkan kartu memory. Matikan (menu off) handphone Anda terlebih dahulu, tunggu hingga benar-benar mati lalu cabut kartu memory dari handphone Anda. Jangan mencabut kartu momory dalam keadaan terburu-buru sehingga memindahkannya di saat hp dalam keadaan aktif, ini sangat tidak dianjurkan.

Kartu Memory Micro SD Terkena Virus


Penyebab kerusakan Kartu Memory Micro SD yang sangat melegenda adalah virus, ada bebera jenis virus bisa menyerang kartu memory (handphone) kesayangan Anda. Virus-virus zaman sekarang kabarnya lebih berbahaya dari virus sebelumnya karena data penting dalam file atau folder kita bisa hilang karena dicuri oleh virus tersebut. Agar kejadian ini tidak menimpa Anda sebaikknya pastikan handphone, laptop atau tempat mengambil data terbebas dari virus dan ketika Anda sering mendownload data dari jaringan internet pastikan juga sumber-sumber harus betul-betul terpercaya dan aman terutama untuk file aplikasi, musik (mp3) maupun game.

Kartu Memory Micro SD Dekat Dengan Medan Magnet


Media penyimpanan berbasis magnet seperti kartu memory micro SD sangat sensitif bila didekatkan dengan medan magnet. Karena diyakini medan magnet dapat merusak data, mengacaukan susunan data hingga tidak teratur (rusak). Maka cara yang sangat mudah adalah dengan menjauhkannya dari jangkauan medan magnet. Beberapa alat elektronik yang memiliki medan magnet seperti speaker, pesawat televisi, radio, dan masih banyak lainnya patut menjadi perhatian Anda agar menjauhkannya misalnya pada saat pengisian baterai (charger)

Dari uraian mengenai Faktor Penyebab Kerusakan Kartu Memory Micro SD (Tidak Terbaca) diatas sebagian besar faktornya adalah berasal dari si pengguna (dari dalam) kartu memori seperti kartu memory micro sd sering dipindah-pindah, salah cara memindahkan kartu memory micro sd, kartu memory micro sd dekat dengan medan magnet dan adapun karena faktor dari luar yaitu kartu memory micro sd terkena virus menunjukan bahwa sebaiknya kitalah yang lebih hati-hati dan lebih bijak menjaga kesehatan kartu memory micro sd kita. semoga dengan penjelasan singkat diatas bisa bermanfaat untuk Anda. Terimakasih atas kunjungannya, baca juga artikel lainnya.

Godang Isina Group adalah suatu organisasi sosial berbagi soal-soal Psikotes, TPA, Toefl, CPNS gratis dan terlengkap pertama di Indonesia

2 komentar

Tiket Pesawat Murah Online, dapatkan segera di SELL TIKET Klik disini:
selltiket.com
Booking di SELLTIKET.COM aja!!!
CEPAT,….TEPAT,….DAN HARGA TERJANGKAU!!!

Ingin usaha menjadi agen tiket pesawat??
Yang memiliki potensi penghasilan tanpa batas.
Bergabung segera di agen.selltiket.com

INFO LEBIH LANJUT HUBUNGI :
No handphone :082276603391
PIN : 5364257d


EmoticonEmoticon