16 Plus 1 Cara Ampuh Mempercepat Hp Android Yang Super Lemot


Cara Ampuh Yang Bikin Android Super Lemot Menjadi Cepat

cara t
Faktaandroid.com, Smartphone android  merupakan generasi ponsel genggam yang saat ini banyak digunakan masyarakat urban. Disebut-sebut android dapat menjalankan banyak fungsi (multitasking) tanpa harus menutup aplikasi tersebut terlebih dahulu. Namun anda jangan salah paham kecepatan dari android lama kelamaan akan berkurang dan akhirnya dia menjadi lemot atau lambat.

Banyak hal yang membuat handphone pintar anda menjadi lemot, namun yang penting bagaimana cara mengatasi android super lemot dengan 17 cara yang sudah terbukti ampuh, silahkan disimak baik-baik ya sampai tuntas.

1. Cek Masalah pada Android
Sebelum mengambil tindakan perbaikan pada android anda yang lemot sebaiknya anda identifikasi kemungkinan masalah yang timbul pada penggunaan android yang selama ini anda jalankan. Cek satu per satu perangkat android apakah bekerja seperti biasanya dan apakah sistem kerjanya seperti yang disebutkan dalam promo mereka, kalau ternyata sudah menyimpang maka lebih baik diganti atau diupgrade.

2. Hapus Aplikasi Yang Tidak Digunakan
Diawal tulisan ini sudah disebutkan kegunaan dari android itu sangat banyak (multitasking) namun karena keterbatasan ruang memori (internal) dan juga keterbatasan RAM maka sebaiknya anda pakailah aplikasi yang memang betul-betul anda butuhkan.

Sadar tidak sadar aplikasi yang sudah diinstal akan memakai ruang memori pada ponsel anda dan juga akan memperlambat kerjanya, karena layaknya android aplikasi yang tidak dijalankanpun tetap "memakan" memori yang tersedia, beda halnya jika anda menghapusnya atau menonaktifkan aplikasi tersebut.

Baca juga:
Trik Kemat Kuota Internet Sampai 400MB Selama Sebulan
3 Cara Membuka Aplikasi Android Yang Terkunci Akibat Lupa Sandi

Dilain waktu kalau memang anda sangat membutuhkan aplikasi tersebut anda bisa kembali mengunduhnya di playstore seperti biasa.

3. Kurangi Beban Ruang Penyimpanan Internal
Membersihkan rung penyimpanan internal dapat mengurangi beban pada kerja android, anda dapat menghapus file yang sudah tidak anda pakai misalnya unduhan film yang sudah tidak ditonton lagi, file-file lama yang sudah kadaluarsa dan masih banyak lagi yang lain.

Dengan membersikan ruang penyimpanan internal android, ponsel anda dapat kembali bernafas lega seperti biasanya. Selain membersihkan (menghapus) file yang tidak perlu, anda juga bisa memindahkan file tersebut ke memori eksternal (memory card/ microSD card) yang ukuran atau kapasitasnya jauh lebih besar dari memori internal bawaan android anda.

Namun anda juga harus waspada saat sedang menghapus file yang ada di memori internal, jika anda tidak mengetahui dengan persis nama file tersebut sebaiknya anda jangan menghapusnya karena bisa jadi file itu penting namun anda tidak mengetahuinya, sebaiknya hapus file yang benar-benar anda kenal.

4. Bersikan Data Cache
Ketika anda menjalankan suatu aplikasi android maka akan ada data cache yang masuk ke memori internal dan akan merekamnya. Hal ini merupakan sesuatu yang baik karena dengan data cache anda akan menjadi lebih cepat membuka suatu aplikasi. Namun data cache akan terus menumpuk dan menimbun, disini awal masalah timbul karena data cache yang terlalu banyak dapat “memakan” memori internal akibatnya android menjadi lemot. Jadi sesekali sebaiknya hapus data cache untuk menyegarkan kembali ruang pada memori ponsel anda.

Ada beberapa aplikasi tambahan yang bisa kamu unduh di plastore untuk menghapus data cache secara otomatis namun jika anda ingin cara yang lebih alami atau manual bisa dengan cara, masuk ke Setting pada android, pilih applications, kemudian pilih application manager dan pilih aplikasi yang ingin dibersihkan.

5. Memori Eksternal (memory card/ microSD card) Berjalan Dengan Baik
Memori eksternal bisa menjadi penyelamat android anda yang memiliki keterbatasan dalam hal penyimpanan, namun anda pastikan dulu apakah memori eksternal (ME) bekerja optimal seperti seharusnya. Sebaiknya sebelum anda menggunakan kartu memori ke ponsel anda kosongkan (format) data atau backup ke komputer terlebih dahulu sebagai jaga-jaga agar terhindah dari kehilangan data yang penting.

Baca juga: Cara Memperbaiki Kartu Memori Eksternal Tidak Terbaca

Kartu ME yang masih “perawan” pasti lebih baik daripada yang sudah bekas meskipun sudah diformat ulang. Siapkan uang untuk membeli ME yang baru sesuai dengan kapasitas kebutuhan anda, karena semakin besar kapasitas penyimpanan ME harganya pun pasti jauh lebih mahal.

6. Kalau Dirasa Tidak Perlu Matikan Animasi di Android
Salah satu pencuri RAM terbesar android anda adalah animasi, seperti animasi pada layar depan (background), tema eksternal (bukan bawaan) yang diunduh dengan kapasitas cukup besar dan masih banyak lagi animasi pada android anda.

Kalau anda memang merasa benar-benar tidak terlalu membutuhkan animasi tersebut sebaiknya nonaktifkan, mengurangi dan kembalikan ke animasi bawaan untuk memberikan hasil kinerja hp yang maksimal. Caranya bisa anda lakukan dengan mengaturnya di settings - developer options, lalu ubah nilai windows animation scale, transition animation scale, dan animator duration scale ke nilai terkecil, atau dibuat off sekalian.

7. Bersikan Pula Cache Partition
Cache partition memiliki perbedaan dengan cache data dan fungsinya untuk menyimpan proses-proses kerja yang dilakukan oleh sistem, sehingga ini dapat mempercepat kerja android dan aplikasi dapat segera digunakan setelah dimatikan maupun restart perangkat.

Namun, jika dibiarkan lama kelamaan cache partition akan menumpuk di background dan ini bisa menjadi penyebab android menjadi lemot. Agar android anda tetap bisa berjalan dengan cepat sebaiknya hapus cache partition minimal sekali sebulan dengan cara masuk ke recovery mode, lalu pilih wipe cache partition.

8. Menonaktifkan Auto-Sync
Fungsi Auto-sync adalah mempermudah pengguna android agar tetap terhubung dengan semua akun yang terpasang di android anda. Semakin banyak akun-akun yang anda miliki maka kerja dari Auto-Sync akan semakin besar, hal ini akan menguras memori pada android anda. Sebaiknya nonaktifkan kalau anda mau kerja android anda bisa lebih cepat, namun dampaknya jika anda masuk ke suatu akun misalnya email, kalender dan lain sebagainya, anda harus melakukannya secara manual. Atau mungkin kamu bisa mematikan auto-sync disaat-saat tenang (jam santai) lalu bisa kembali mengaktifkannya saat sangat diperlukan. (agak repot ya hehe)

9. Gunakan Custom ROM
Custom ROM dapat dilakukan apabila anda ingin menikmati sistem operasi yang lebih segar yang sudah ditingkatkan performanya dan tidak menutup kemungkinan pihak vendor tidak lagi menyediakan update sistem operasi baru untuk perangkat yang saat ini anda pakai, jika anda tertarik untuk custom ROM anda bisa instal custom ROM android anda.

10. Update Aplikasi dengan Waktu Berjangka
Ini yang sering admin lakukan khususnya kalau ada wifi gratisan 😊. Biasanya aplikasi yang sudah diupdate kinerjanya lebih cepat dari aplikasi versi sebelumnya. Karena sudah pasti vendor dari pemilik aplikasi akan melakukan berbagai perbaikan demi menjaga kenyamanan pengguna mereka. Selain dapat mempercepat kerja dari android dengan mengupdate aplikasi dalam waktu berjangka maka anda akan mendapatkan pembaharuan-pembaharuan dan tambahan fungsi dari aplikasi tersebut, jadi tips ini boleh untuk kamu coba.

11. Gunakan Aplikasi Sebaguna
Daripada menggunakan banyak aplikasi yang dapat menguras banyak memori, akan lebih baik menggunakan satu aplikasi dengan banyak fungsi yang ada padanya. Jika android anda sudah di root, salah satu aplikasi multitasking yang sering digunakan orang adalah Apps2SD.

Baca: Aplikasi Untuk Me-Root Android Tanpa Terhubung Ke Komputer

Dengan menggunakan satu aplikasi dengan multi fungsi kamu bisa melakukan berbagai hal hanya dengan menggunakan satu aplikasi saja, dengan begitu kamu mendapat fungsi yang banyak seperti partisi SD Card, backup aplikasi, link aplikasi ke memory card, dan lainnya. Namun jika belum di root kamu dapat menggunakan Clean Master untuk mendapatkan banyak fungsi dalam satu aplikasi.

12. Aplikasi Antivirus Cukup 1 Saja
Jika anda merasa perlu menggunakan antivirus pada android anda, sebaiknya jangan dipakai lebih dari satu, karena seperti halnya aplikasi lain di android, antivirus juga merupakan aplikasi yang tentunya mengambil memori dari ponsel anda sehingga jadi boros, bukan.

Installah aplikasi antivirus yang benar-benar anda yakini dapat melindungi smartphone anda dari bahaya virus yang mungkin menyerang sistem pada androin anda.

Pada pengguna ponsel merk Oppo biasanya aplikasi antivirus bawaan sudah disediakan, sebaiknya anda menggunakan aplikasi itu saja tanpa harus mengunduh aplikasi sejenis di plastore

13. Auto Kill
Kamu yang sering melakukan multitasking dari beberapa aplikasi dalam waktu yang berdekatan maka aplikasi tersebut akan aktif secara bersamaan dan dapat terlihat di Resent Apps dan akibatnya RAM semakin sesak, sudah pasti android menjadi sedikit lemot. Untuk menghindarinya anda bisa pakai fitur Auto Kill. Fitur ini nantinya akan membuat aplikasi tidak berjalan di background, jadi android bisa bernafas lega kembali.

Namun, sebelum menggunakan fitur Auto Kill ini sebaiknya pastikan terlebih dahulu apakah anda benar-benar sudah tidak menggunakan aplikasi tersebut pada waktu itu, karena apabila anda masih menggunakannya maka hal ini dapat memperlambat waktu anda membuka kembali aplikasi tersebut.

14. Batasi Penggunaan Widget
Adanya widget di android dapat mempercantik tampilan sehingga bisa menambah daya tarik tersendiri di ponsel anda, Selain mempercantik widget ini juga bisa menjadi jalan pintas untuk memantau berbagai aplikasi tanpa harus membuka aplikasi tersebut.

Namun sadar tidak sadar ternyata widget ini dapat menguras konsumsi RAM yang cukup besar. Akibatnya android anda menjadi lemot. Sebaiknya kurangi penggunaan widget untuk mengatasi dampak buruk yang tidak anda sukai.

15. Pakai Aplikasi Berbayar (Premium)
Menggunakan aplikasi gratisan siapa yang tidak mau, pasti semua suka. Namun tahukan anda jika menggunakan aplikasi gratisan sebenarnya anda akan menjadi target “kelinci percobaan” developer aplikais tersebut. Adapun keuntungan dari pengguna gratisan ini bagi pengembang adalah untuk mendapat review dan rating dari penggunanya (lihat di plastore) sehingga dengan mudah mereka menjual versi premium dengan kualitas dan kapasitas yang lebih baik dan maksimal tentunya. Jadi jika anda memiiki cukup dana sebaiknya upgrade aplikasi anda ke versi premium agar manfaatnya lebih terasa.

Lalu apa hubungannya dengan cepatnya android? Sudah pasti aplikasi berbayar memiliki kualifikasi yang lebi baik, lebih cepat daripada yang gratisan. Berbagai bugs sudah diminimalisir oleh pengembang.

16. Factory Data Reset
Satu langkah yang jarang dipakai namun ini menjadi jurus terakhir adalah dengan melakukan factory reset. Dengan factory reset maka seluruh data akan hilang tidak ada satu data yang tertinggal kecuali aplikasi bawaan dari vendor ponsel anda. Hasilnya ponsel anda akan disulap menjadi seperti baru beli karena semua sistem akan kembali ke pengaturan awalnya,  ingat seperti baru beli.

Baca: Cara Reset Faktory Seperti Baru Beli (Untuk Android 2016 ke atas)

Oleh sebab itu, sebelum memutuskan untuk factory reset, sebaiknya jangan lupa memback-up seluruh data penting ke dalan smartphone ke tempat lain, caranya sangat mudah anda hanya perlu membuka setting ponsel, kemudian pilih menu backup  dan reset dan temukan menu factory data reset.

17. Upgrade Smartphone Anda
Ini buka cara yang dapat anda lakukan pada sistem ponsel lama anda. Kami menyarankan anda mengganti ponsel anda ke jenis atau versi yang baru. Namun sebelum membeli ponsel baru sebaiknya perhatikan spesifkiasi yang perlu seperti kapasitas memori internal (ROM) dan RAM pada android, harus di atas ponsel lama anda sebelumnya agar kerjanya juga lebih cepat dan anti lemot.

Godang Isina Group adalah suatu organisasi sosial berbagi soal-soal Psikotes, TPA, Toefl, CPNS gratis dan terlengkap pertama di Indonesia

This Is The Newest Post


EmoticonEmoticon